Home Document

LAM-PTKes adalah kepanjangan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan. Salah satu tugas utama dari LAM-PTKes adalah sebagai badan akreditasi yang mempunyai wewenang untuk melaksanakan sistem akreditasi nasional pada program studi di profesi bidang kesehatan di perguruan tinggi seluruh Indonesia.
Cara Cek Status Akreditasi Program Studi Kesehatan di Situs LAM-PTKes

Seperti yang diketahui kewenangan pemberian akreditasi tersebut pada awalanya dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Namun semenjak LAM-PTKes selaku badan akreditasi yang independen mulai beroperasi pada bulan Maret 2015 lalu. Kewenangan pemberian akreditasi pada program studi di profesi bidang kesehatan diamanatkan kepada LAM-PTKes, dengan tetap dalam evaluasi (pengawasan) BAN-PT.

Sementara status akreditasi pada setiap program studi kesehatan tersebut, baik akreditasi terhadap Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/ Perguruan Tinggi Swasta (PTS) maupun dari berbagai status perguruan tinggi seperti Universitas, Insitut, Sekolah Tinggi, Politeknik dan Akademi. Dan untuk melihat hasil akreditasi tersebut dapat dilihat secara online dengan mengakses situs website resmi milik LAM-PTKes.

Cara Cek Status Hasil Akreditasi Program Studi di Perguruan Tinggi Kesehatan di Situs LAM-PTKes:

1. Masuk ke situs website resmi LAM-PTKes di http://lamptkes.org/
2. Pada bagian menu situs pilih panel “Tentang Akreditasi”, kemudian pilih sub menu “Database” atau bisa langsung kiln link berikut http://lamptkes.org/akreditasi/pencarian/all
Cara Cek Status Akreditasi Program Studi Kesehatan di Situs LAM-PTKes


3. Pada bagian tabel pojok kanan atas “Search”, masukkan nama institusi pada kotak kosong pencarian yang ingin di lakukan pengecekan, misalnya ketik nama perguruan tinggi “Universitas Diponegoro”.
Cara Cek Status Akreditasi Program Studi Kesehatan di Situs LAM-PTKes


4. Maka dalam hitungan kurang dari sedetik akan tampil status akreditasi program studi di Institusi tersebut, mulai dari “Jenjang”, “Perguruan Tinggi”, “Program Studi”, “No.SK”, “Thn.SK”, “Peringkat Akreditasi”, “Tgl.Daluwarsa” dan “Status Daluwarsa”.
5. Selsai.

Baca: Perbedaan Akreditasi Perguruan Tingi BAN-PT dengan LAM-PTKes
          Daftar 33 Prodi Kampus Keperawatan Terakreditasi A BAN-PT
           Daftar D3, S1, S2, S3, Ners dan Spesialis Keperawatan terkakreditasi A

Sebagai tambahan agar mendapatkan hasil pencarian program studi kesehatan di perguruan tinggi yang lebih spesifik dapat mengunjungi link berikut ini http://lamptkes.org/akreditasi/database/databasehasilakreditasi. Setelah itu pilih pada bagain “Jenjang” yang mana ingin dipilih, mulai dari: D3, D4, S1, Profesi, S2, Spesialis dan S3. Kemudian pada pilihan “Nama Perguruan Tinggi” dan “Nama Program Studi”, masukan sesui nama institusi yang ingin dicari.

Sementara pemberian peringkat akrediatasi pada program studi yang terdaftar di LAM-PTKes, biasanya mendapatkan peringkat dari A, B dan C.  Dimana peringkat akreditasi yang diberikan kepada program studi pada perguruan tinggi tersebut, dapat menjadi tolak ukur terkait akan kualitas kampus kesehatan itu. Maka bagi para calon mahasiswa terkait peringkat akreditasi, dapat menjadi pertimbangan sebelum menyesal dikemudian hari.

Sebelumnya LAM-PTKes sendiri adalah sebuah badan akreditasi profesi pertama yang berdiri di Indonesia, dimana profesi di bidang belum mempunyai. LAM-PTKes sendiri pada awalnya didirkan oleh beberapa Organisasi Profesi dan Asosiasi Institusi Pendidikan. Dimana terdapat tujuh bidang ilmu kesehatan turutserta, Mulai dari Kedokteran, Kedokteran Gigi, Keperawatan, Kebidanan, Farmasi, Gizi dan Kesehatan Masyarakat.

Sampai saat ini LAM-PTKes telah bekerjasama dengan berbagai organisai profesi, seperti IDI (Ikatan Dokter Indonesia), PDGI (Perstuan Dokter Gigi Indpnesia), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), IAI (Ikatan Apoteker Indonesia), Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dan Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI).

Sementara asosiasi institusi pendidikan yang tergabung yakni Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI, Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AFDOKGI), Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI), Asosiasi Institusi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Gizi Indonesia (AIPGI).


Editor: Heru Setianto
Source Image: Heru Setianto
Source: http://lamptkes.org/akreditasi/
             http://lamptkes.org/akreditasi/pencarian/all
             http://lamptkes.org/akreditasi/database/databasehasilakreditasi

Baca :

Tidak ada komentar

Posting Komentar

to Top