Daftar Website Resmi Jurnal Nasional Keperawatan Indonesia Terakreditasi Dikti 2018

Media jurnal menjadi tempat bagi para peneliti/periset untuk mempublikasi hasil riset atau karya ilmiah mereka sesuai dengan bidang ilmu atau profesi yang dimiliki. Salah satunya profesi keperawatan yang membutuhkan suatu jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme para perawat. Miaslnya seperti berbagai tentang temuan ilmiah atau konsep/teori baru sebagai dasar dalam melakukan asuhan keperawatan.


Maka daripada itu setiap bidang ilmu seharusnya mempunyai jurnal ilmiah bidang masing-masing. Dimana jaminan sebuah media jurnal yang bagus, yaitu sebuah jurnal yang telah terakreditasi. Seperti bidang yang lainnya, media jurnal keperawatan nasional juga mendapatkan penilaian akreditasi oleh lembaga kredibel yang dilakukan oleh oleh Kementrina Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti). Dimana masa terbitnya setiap lima tahun setelah tanggal ditetapkan.

Seperti yang diketahui perkembangan ilmu semakin bergerak maju, sedangkan buku yang menjadi refrensi dalam kenyataannya dibuat berdasarkan review dan riset penelitian tahun-tahun sebelumnya. Maka media jurnal yang selalu update, menjadi sebuah pilihan dalam mencari bahan rujukan dan refrensi terbaik dibandingkan dengan buku.

Berikut Daftar Jurnal Ilmiah Nasional Keperawatan Terakreditasi oleh Ristekdikti terbaru :

1. Nurse Media Journal of Nursing (NMJN) Universitas Diponegoro

P-ISSN: 2087-7811/E-ISSN: 2406-8799
Nomor SK : 60/E/KPT/2016 - Tanggal: 13 Nopember 2016
Peringkat : B Berlaku s.d. 13 Nopember 2021
Bidang Ilmu : Kesehatan - Keperawatan
Terbit Pertama : -
Terbit : 2 kali setahun
Bahasa Utama : Inggris Tambahan : -
Kontributor/Sponsor Jurnal: -
URL Terbitan: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/medianers/issue/archive
Alamat : Department of Nursing, Faculty of Medicine, Diponegoro University
Telepon : 085225197321
Faksmili : -
Surel : media_ners@undip.ac.id
Website : http://ejournal.undip.ac.id/
Terindeks : DOAJ, ISJD, Google Scholar, IPI

Nurse Media Journal of Nursing (NMJN) merupakan sebuah media jurnal internasional akses terbuka yang menerbitkan karya ilmiah untuk praktisi dan peneliti perawat, diterbitkan setiap 6 bulan sekali yaitu bulan Juni dan Desember (dengan dua isu per tahun).

Dikembangkan dan diterbitkan oleh Departemen Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang mendapatkan status Akreditasi B untuk terbitan berkala ilmiah dari Ristekdikti dengan nomor 60/E/KPT/2016.

Fokus dan cakupan jurnal NMJN meliputi keperawatan darurat, keperawatan dewasa , perawatan anak, perawatan ibu hamil, kepemimpinan dan manajemen keperawatan, keperawatan gerontologis, perawatan kesehatan mental, keperawatan masyarakat, Complementary and Alternative Medicine (CAM) dalam keperawatan dan pendidikan dalam keperawatan.

Pada awalnya NMJN yang merebuah sebuah pengembangan dari Jurnal Keperawatan Media Ners pertama kali terbit tahun 2007, kemudian berganti nama menjadi Nurse Media Journal of Nursing (no ISSN: 2406-8799 (versi online)). NMJN sendiri adalah salah satu media dalam publikasi berbagai riset para akademisi dan praktisi dari dalam maupun luar negeri, seperti negara Indonesia, Filipina, Thailand, Spanyol dan lainnya.


2. Jurnal Keperawatan Padjadjaran (JKP) Universitas Padjadjaran

P-ISSN: 2338-5324/E-ISSN: -
Universitas Padjadjaran
Nomor SK : 1/E/KPT/2015 - Tanggal: 21 September 2015
Peringkat : B Berlaku s.d. 21 September 2020
Bidang Ilmu : Kesehatan - Kesehatan
Terbit Pertama : 2013
Terbit : 3 kali setahun
Bahasa Utama : Indonesia Tambahan : Inggris
Kontributor/Sponsor Jurnal: Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI ) Pusat
URL Terbitan: http://jkp.fkep.unpad.ac.id/index.php/jkp
Alamat : Gedung Fakultas Keperawatan Unpad L1, Jl. Raya Jainangor-Sumedang Km. 21
Telepon : (022) 7795596
Faksmili : (022) 7795596
Surel : jkp.jurnal@yahoo.com; jkp.fkep@unpad.ac.id
Website : http://jurnal.unpad.ac.id/jkp

Jurnal Keperawatan Padjadjaran (JKP) merupakan sebuah media jurnal publikasi ilmiah yang menggunakan sistem peer review dalam pemilihan artikel ilmiah dan diterbitkan setiap tiga kali dalam setahun yakni pada bulan April, Agustus, dan Desember.

JKP diakui dan diakreditasi oleh Direktorat Pendidikan Indonesia berdasarkan Jurnal Keperawatan Padjadjaran (SK No. 1 / E / KPT / 2015) yang ditujukan untuk para praktisi, akademisi, profesional, pelajar atau masyarakat umum yang terlibat dan tertarik pada pengembangan Kesehatan dan Ilmu Keperawatan.

Jurnal ini adalah Open Access Journal, pengguna atau pembaca dapat langsung mengakses artikel di jurnal ini pada saat artikel tersebut dipublikasikan.


3 Jurnal Ners Universitas Airlangga

P-ISSN: 1858-3598/E-ISSN: -
Nomor SK : 58/DIKTI/Kep/2013 - Tanggal: 22 Agustus 2013
Peringkat : B Berlaku s.d. 22 Agustus 2018
Bidang Ilmu : Kesehatan - Keperawatan
Terbit Pertama : 2006
Terbit : 2 kali setahun
Bahasa Utama : Indonesia Tambahan : Inggris
Kontributor/Sponsor Jurnal: PPNI Propinsi Jawa Timur
URL Terbitan: http://e-journal.unair.ac.id/index.php/JNERS/issue/archive
Alamat : Fakultas keperawatan Universitas Airlangga Kampus C, Jl. Mulyorejo 60115
Telepon : (031) 5913257
Faksmili : (031) 5913257
Surel : secretariat_jurnalners@fkp.unair.ac.id
Website : http://e-journal.unair.ac.id/index.php/JNERS

Jurnal Ners merupakan sebuah jurnal keperawatan peer-review ilmiah yang diterbitkan oleh Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga dengan bekerja sama dengan Asosiasi Perawat Nasional Indonesia, Provinsi Jawa Timur. Dimana media publikasi Jurnal Ners menerbitkan artikel ilmiah setiap enam bulan sekali yakni pada bula April dan bulan Oktober.

Seperti yang diketahui Jurnal Ners adalah jurnal keperawatan pertama yang terakreditasi nasional dengan No 58/DIKTI/Kep/2013. Jurnal Ners juga asli yang relevan dengan keperawatan dan profesi terkait kesehatan lainnya. Jurnal Ners selain sebagai tempat forum untuk penelitian dan beasiswa sesuai dengan kesesuaian dan ketertarikan editorial, dan secara khusus bertujuan untuk mengevaluasi dan memahami intervensi asuhan keperawatan yang kompleks dengan menggunakan rancangan dan metode yang paling tepat.

Ruang Lingkup dalam menerbitkan arikel di bidang keperawatan: Medikal bedah, Kriis/gawat darurat, Maternitas, Anak , Jiwa, Geronik, Komunitas, Manajemen keperawatan dan Keperawatan dasar.

Jurnal Ners menjadi jurnal yang bereputasi di bidang keperawatan, bahkan media Jurnal Ners telah terindeks di Directory of Open Access Journal (DOAJ), Index Copernicus International (ICI), WorldCat , Index PKP, Google Scholar , Bielefeld Academic Search Engine (BASE), Indeks Sains dan Teknologi (SINTA), Indonesian Publication Index (IPI) dan sebagainya.


Editor: Heru Setianto
Source: http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/profilHKIdanJurnal.aspx
Disqus Comments