Selamat Hari Perawat Internasional (International Nurses Day)

Hari Perawat Sedunia (International Nurses Day) adalah hari perayaan untuk menandai kontribusi perawat terhadap masyarakat. Hari yang diperingati sebagai Hari Perawat Internasional yang dirayakan setiap 12 Mei tiap tahunnya, perayaan untuk memperingati kelahiran Florence Nightingale oleh International Council of Nurses (ICN).


Florence Nightingale (12 Mei 1820 – 13 Agustus 1910) adalah pelopor perawat modern, penulis dan ahli statistik. Wanita kelahiran Italia itu dikenal dengan nama 'The Lady With The Lamp' atas jasanya tanpa takut mengumpulkan korban pada perang Krimea, di semenanjung Krimea, Rusia. Saat itu dia menerima penghargaan dari Raja Edward VII (inggris) atas jasa-jasanya mengembangkan ilmu keperawatan yang kini jadi rujukan rumah sakit modern di dunia.

Florence Nightingale menghidupkan kembali konsep penjagaan kebersihan rumah sakit dan kiat-kita juru rawat. Dia juga memberikan penekanan kepada pemerhatian teliti terhadap keperluan pasien dan penyusunan laporan mendetil menggunakan statistik sebagai argumentasi perubahan ke arah yang lebih baik pada bidang keperawatan di hadapan pemerintahan Inggris.

Hari Perawat internasioanal pertama kali diprakarsai pada tahun 1953, tapi Hari Perawat Internasional belum resmi secara umum dinyatakan hingga 1974. Kini setiap tahunnya, Dewan Perawat Internasional atau International Council of Nurses (ICN) memilih tema apa yang akan diangkat. Tentu saja membahas isu-isu teraktual di bidang keperawatan.

Dan perayaan hari perawat se-dunia tahun ini, tanggal 12 Mei 2015. Tema yang diambil untuk perayaan ini seperti yang penulis kutip dari International Council of Nurses (ICN) adalah 'International Nurses Day celebrates cost effectiveness of nurses'. Tema ini diambil untuk memperkuat fakta bahwa kesehatan global tidak bisa dicapai tanpa partisipasi perawat di dunia kesehatan. Karena perawat sebagai profesi profesioal terbesar dan terdekat dalam kesehatan, diman perawat memiliki dampak besar pada pengurangan biaya kesehatan dan meningkatkan kualitas keshatan tentunya.

Hari Perawat Internasional merayakan biaya efektivitas perawat

Jenewa, Swiss, 11 Mei 2015 - The International Dewan Perawat telah memilih Perawat tema: Angkatan A Perubahan: Perawatan Efektif, Biaya Efektif sebagai tema untuk Hari Perawat Internasional besok, 12 Mei 2015.

Tema memperkuat fakta bahwa kesehatan global tidak bisa dicapai tanpa partisipasi perawat di semua tingkatan dari sistem kesehatan. "Perawat dan pembuat kebijakan harus fokus pada peran keperawatan sebagai prioritas utama dan penentu untuk mencapai keadilan, memberikan cakupan kesehatan universal dan akhirnya meningkatkan hasil kesehatan global, "kata David Benton, ICN Chief Executive Officer. "Perawat baik diposisikan untuk mendorong perbaikan dalam efisiensi dan efektivitas ".

Sebagai kelompok terbesar dari profesional kesehatan, dan orang-orang terdekat orang di semua pengaturan, perawat dapat memiliki dampak yang sangat besar pada pengurangan biaya kesehatan dan meningkatkan kualitas peduli. Perawat memahami lanskap pemberian layanan kesehatan termasuk pembiayaan, biaya efektivitas dan manajemen sumber daya, dan akses ke perawatan. Keputusan bahwa setiap berlatih perawat membuat beberapa kali setiap hari dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam efisiensi dan efektivitas seluruh sistem.

Menggambar pada contoh dari seluruh dunia, toolkit ICN untuk Perawat Internasional Hari mengkaji isu-isu saat ini sekitar pembiayaan sistem kesehatan dan nilai keperawatan. Saya memberikan panduan bagi perawat dan pembuat kebijakan tentang cara terbaik untuk mencapai akses yang adil ke pelayanan kesehatan yang efektif dan terjangkau. Alat, informasi dan ide-ide untuk tindakan terkandung dalam kit akan membantu dan mendorong perawat dan asosiasi perawat nasional (NNAs) untuk menjadi terlibat dalam dan pengetahuan tentang sistem pembiayaan kesehatan sebagai berarti untuk mencapai kualitas perawatan dan keselamatan pasien dengan cara biaya yang efektif. Contoh dari di seluruh dunia menunjukkan apa yang mungkin ketika perawat membawa kreativitas mereka dan perspektif profesional untuk agenda transformasi.

ICN menawarkan kit IND asosiasi perawat nasional, kementerian kesehatan dan lembaga kesehatan di seluruh dunia. Bahan dalam kit, termasuk gambar poster, dapat didownload dari www.icn.ch/publications/2015-nurses-a-force-for-change-care-effective-cost-effective/2015. Dirayakan di seluruh dunia pada hari ulang tahun kelahiran Florence Nightingale, Internasional

Perawat Day adalah kesempatan yang sangat baik untuk perawat dan asosiasi mereka untuk menginformasikan dan mengingatkan masyarakat dan pembuat kebijakan tentang peran mereka bermain dalam mempromosikan kesehatan masyarakat
dan negara-negara

Pada 'Nurses Day International' tahun 2015, berikut ini beberapa pesan dari Presiden Dewan internasional Perawat (ICN), Judith Shamian dalam sebuah video di http://www.icn.ch/news/whats-new/12th-of-may-2015-the-international-nurses-day-1812.html


Editor: Heru Setianto
Source: icn.ch
Disqus Comments