6 Ciri-Ciri Kebiasaan Perawat Sukses yang Sesungguhnya, Wajib Anda Ketahui

Definisi dari kata sukses mungkin berbeda-beda bagi setiap orang, dimana kata sukses sering disematkan kepada para pengusaha yang sukses dan kaya raya dibidang profesi yang mereka geluti. Namun ukuran untuk profesi seorang perawat, bagaimana cara kita mendefinisikan perawat yang sukses itu seperti apa. Mungkinkah seorang perawat yang memiliki penghasila tinggi setiap bulannya, ataukah seorang perawat yang menduduki puncak jabatan tertinggi disebuah institusi ataupun rumah sakit.

6 Ciri-Ciri  Kebiasaan Perawat Sukses yang Sesungguhnya, Wajib Anda Ketahui
6 Ciri-Ciri  Kebiasaan Perawat Sukses yang Sesungguhnya, Wajib Anda Ketahui/ Foto: Capture dan Editing Pribadi

Akhirnya untuk mendefinisikan arti sukses dalam profesi perawat kembali lagi kepada pola pikir masing-masing individu. Maka  penulis mencoba menilai arti sukses dari sudut pandang yang berbeda, dimana menurut beberapa pendapat bijak seorang perawat dari Filipina.


Dia menyatakan bahwa seorang perawat yang sukses adalah seseorang yang membuat kesan seperti itu pada perawatan pasien mereka, tanpa membual tentang kesuksesan karena mereka hanya melakukan apa yang menjadi profesi mereka.
 

Pada akhirnya cara berfikir kita harus mulai diubah, dimana arti kata sukses tak harus memiliki materi yang banyak ataupun jabatan yang disegani. Sukses bagi seorang perawat yakni berhasil memberikan pelayanan asuhan keperawatan yang maksimal kepada para pasien yang kita berikan.

Setiap perawat yang sukses pasti memiliki kelebihan dalam melakukan perawatan, pasalanya setiap pekerjaan yang dilakukan selalu dilakukan dengan penuh ketekunan, dedikasi dan kerja keras.
 

Berikut ini Ciri-ciri Kebiasaan Perawat Sukses yang Sesunguhnya,seperti yang penulis kutip dari beberapa sumber diantaranya:
 

1. Mengikuti Langkah yang Tepat.
 

Seorang perawat yang sukses selalu menjadi orang pertama yang akan menasehati atau mengoreksi setiap rekan sejawat yang akan melakukan ketidakpatuhan. Misalnya dalam asuhan keperawatan melakukan jalan pintas hanya untuk mempersingkat waktu pekerjaan. Seharusnya hal tersebut tak perlu dilakukan, dimana keselamatan pasien adalah prioritas utama.
Pasalnya jika satu langkah saja terlewatkan dalam perawatan, maka keselamatan pasien bisa terancam.
 

2. Perawat Selalu Tepat Waktu.
 

 Perawat mengetahui bahwa setiap menit, kondisi status kesehatan setiap pasien dapat berubah-ubah. Baik beruah baik, maupun sebaliknya. Maka sudah menjadi keharusan bagi setiap perawat bahwa ketepatan waktu dalam memberikan keperawatan kepada pasien.
 
3. Perawat Tertarik pada Setiap Detail.
 

Tidak ada detail terkecil yang luput dari pandangan dan perhatian seorang perawat yang sukses. Bahkan ada kotoran di sudut kamar pasien, hingga botol cairan infus pasien yang habis selalu perawat perhatikan.
 

 4. Perawat Melakukan Sesuatu Satu Per-satu.
 

 Ciri-ciri seorang perawat yang sukses yaitu selalu melakukan pekerjaanya dengan tenang. Sementara kata tergesa-gesa tidak ada dalam kamus seorang perawat. Tak masalah keadaan sedang kacau ataupun darurat, perawat akan selalu tetap santai dan senyum di wajahnya setiap melakukan tugas.
 

 5.  Belajar adalah Proses yang Berkelanjutan Bagi Perawat.
 

Pola pikir seorang perawat yang sukses selanjutnya yaitu, menilai bahwa setiap hari adalah hari yang menyenangkan untuk belajar hal-hal baru. Perawat tak pernah menganggap bahwa menjadi perawat untuk jangka waktu yang lama ataupun bekerja didepartemen yang berbeda sudah cukup.
Namun perawat seharusnya selalu mempunyai keinginan, seperti keinginan untuk mendapatkan ide baru dari rekan sejawat agara ilmunya selalu diperbarui.
 

 6.  Perawat Selalu Mempunyai Waktu Lebih untuk Menjadi Sukarelawan.
 

Perawat yang sukses selalu mempunyai waktu ekstra (lebih) untuk meminjamkan tanganya. Dimana perawat tersebut tak keberatan seandainya jam kerjanya malah ditambahan, baik itu sebelum maupun sesudah shift kerja. Menikmati dan mencintai profesinya sebagai seorang perawat adalah kunci keikhlasan mereka.


Editor: Heru Setianto
Source: Net

0 Response to "6 Ciri-Ciri Kebiasaan Perawat Sukses yang Sesungguhnya, Wajib Anda Ketahui"

Post a Comment